Advertisement
Advertisement
Advertisement

Search

Ingat Kami Disini Hanya Memberi Pengetahuan dan tidak lebih .. Silahkan menggunakan Pengetahuan tersebut dengan bijak,dan kami tidak bertanggung jawab atas apapun yang terjadi! - by CEO,Admin,Author IHC-Team
TEAM KAMI SUDAH BUBAR SEJAK 2016 best Regard AnonGhost.ID | INDONESIA HACKER CYBER TEAM

Sejarah perkembangan Hari Blogger di indonesia

Posted by IHC-Team

Tanggal 27 Oktober 2013 mungkin bukanlah hari yang sangat spesial bagi sebagian orang, namun jika sobat adalah seorang blogger, maka hari itu adalah hari yang sangat bersejarah bagi sobat dan sebagai seorang seorang blogger sudah seharusnya sobat mengetahui kenapa hari itu menjadi hari yang bersejarah bagi para blogger. Tanggal 27 Oktober merupakan Hari Blogger Nasional. Untuk ke-8 kalinya (maaf jika salah) para blogger akan merayakan hari yang sangat bersejarah itersebut kembali.

Mungkin sobat sedang bertanya-tanya, bagaimana ceritanya sehingga tanggal 27 Oktober diperingati sebagai Hari Blogger Nasional. Baiklah, Softrickinfo akan mencoba mejelaskan sedikit tentang sejarah diperingatinya Hari Blogger Nasional pada tanggal 27 Oktober sekaligus perkembangan blog di Indonesia.

Hari Blogger Nasional pernah di kenal dan diperingati sebagai Pesta Blogger. Tepat pada tanggal 27 Oktober 2007, Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Muhammad Nuh, menetapkan hari itu sebagai Hari Blogger Nasional atau dikenal juga sebagai Event On Off Indonesia (OnOffID).

Istilah Blogger sendiri dipopulerkan pertama kali oleh situs blogger.com yang awalnya adalah milik PyraLab dan kemudian di akuisisi oleh Google pada sekitar tahun 2002. Sejak saat itulah banyak bermunculan aplikasi-aplikasi yang bersifat open source (terbuka) yang membantu para blogger untuk mengembangkan blog mereka.

Blog merupakan singkatan dari web log, yaitu sebuah aplikasi web berbasis online yang di dalamnya terdapat tulisan-tulisan yang disebut sebagai artikel atau postingan. Pada awal kemunculannya, blog sering di isi oleh penulisnya dengan artikel atau postingan yang berisi curahan hati mereka, namun sejak diperingatinya Hari Blogger Nasional, para blogger diharuskan untuk bisa mengelola blog yang mereka miliki dengan lebih serius, agar bisa menghasilkan hal yang lebih bermanfaat.

Blog menjadi semakin populer di Indonesia ketika banyak orang yang berhasil dan menjadi terkenal hanya karena menulis melalui blog yang mereka miliki. Sebut saja Raditya Dika, sosok seorang pemuda yang saat ini sering muncul dalam sebuah acara komedi di salah satu stasiun televisi itu awalnya terkenal karena tulisan-tulisan yang ia buat di blog pribadi miliknya yang kemudian dijadikan sebuah buku, dan akhirnya difilmkan dan dibintangi langsung oleh Raditya Dika sendiri.

Seiring dengan berjalannya waktu dan diikuti dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, kini konsep blog di Indonesia mulai dipadukan dengan berbagai layanan. Salah satunya adalah dengan menggunakan media sosial online untuk menarik para pengunjung datang ke blog yang dimiliki oleh blogger. Selain itu, ada juga beberapa situs berita online yang memungkinkan para blogger untuk memuat tulisan di blog mereka ke situs tersebut.

Konsep seperti itu dianggap sangat ampuh untuk menarik pengunjung dan menjadikan blog yang kita miliki semakin terkenal. Menurut informasi yang Softrickinfo dapatkan, dalam data Social Media Lanscape yang dikeluarkan oleh situs salingsilang.com, tercatat jumlah blogger di Indonesia mencapai sekitar kurang lebih 4,1 juta
pada Februari 2011.

Dari data tersebut juga di ketahui bahwa sekitar 80,65% blogger menggunakan layanan blogger.com dengan sub domain .blogspot.com, dan sekitar 14,5% blogger menggunakan layanan Wordpress.com. Sisanya menggunakan layanan penyedia blog lain yang mulai bermunculan mengikuti layanan yang sudah ada sebelumnya.

Saat ini, layanan blog yang paling populer dan banyak digunakan adalah blogger.com dan Wordpress.com. Para blogger pemula dalam dunia blog, kebanyakn akan memilih menggunakan layanan dari blogger.com, sedangkan bagi mereka yang sudah mahir akan memilih menggunakan layanan dari Wordpress.com

Nah, itulah sedikit sejarah singkat tentang Hari Blogger Nasional dan perkebangan blog di Indonesia. Semoga dengan tulisan yang sederhana ini bisa memberikan manfaat dan ilmu pengetahuan baru bagi sobat semuanya.

Related Post



Unknown mengatakan...

27 Oktober masih lama gan :D , tinggal nunggu kontes blog pasti banyak yang akan gelarin :D

Unknown mengatakan...

ia gann pastih banyak juga kontes seo

Abdul Muhajir mengatakan...

ikut kontes seo itu asik, nambah pengalaman pula , mampir juga http://www.kroconet.com

Unknown mengatakan...

WIH KEREN

Unknown mengatakan...

gak sabar nunggu 27 oktober

Unknown mengatakan...

Makasih infonya gan

Unknown mengatakan...

brarti gan kbanyakan org ngeblog hanya untuk dapet uang ya gan ?

Posting Komentar

~ SEBELUM KOMEN , PERHATIKAN PERATURAN KOMENTAR DI SINI ~

1. Dilarang Komentar Dengan Kata Kasar , PROMOSI , SARA , PORNOGRAFI , SPAM , dan Hal-Hal yg tidak bagus
2. Dilarang koment dengan LINK aktif contoh WEBSITE , BLOG

Visitor

hit counter